--> Skip to main content

Jarang Dilirik, Saham Raja Lakban Ini Punya Kas Berlimpah

Senin, 25 Januari 2021


usmantemposo.com - Sebagai salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Ekadharma International Tbk (EKAD) memiliki kas yang berlimpah. Emiten ini juga kerap disebut diuntungkan karena berkembangnya e-commerce di Indonesia.


EKAD merupakan emiten penghuni Indeks Industri Dasar dan Kimia sub sektor Kimia. Produk dari perusahaan ini adalah lakban, selotip, pelapis makanan, aluminium foil, perekat, dan lainnya. Salah satu brand yang didistribusikan EKAD adalah Daimaru, Superfix, Ekatape, dan BestPack. Lantas seperti apa performa saham EKAD, kesehatan keuangan, dan profitabilitasnya? Simak ulasannya dari tim riset Lifepal.co.id.


Keuangan EKAD cukup sehat


Melihat pertumbuhan neraca EKAD dari tahun 2011 hingga 2020, aset EKAD terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, begitu pula dengan ekuitasnya. Sementara itu liabilitas EKAD terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan aset dan ekuitas.


Dengan total aset lancar sebesar Rp 548 miliar dan total liabilitas (utang) jangka pendek sebesar Rp 76,6 miliar maka EKAD memiliki current ratio sebesar 715,41%. Bisa dikatakan bahwa, EKAD memiliki kemampuan membayar utang jangka pendeknya sebesar 7 kali lipat.


Profitabilitas EKAD juga cukup baik


Berdasarkan data yang dikumpulkan dan diolah Lifepal, penjualan EKAD memang terus tumbuh dari tahun ke tahun. Perolehan laba bersih EKAD yang tertinggi ada pada 2016, di mana emiten ini sukses mencetak laba bersih sebesar Rp 90,6 miliar.


Tepat pada kuartal III 2020, EKAD mencetak laba bersih sebesar Rp 73,9 miliar. Perolehan ini sudah sangat mendekati perolehan laba bersih tahunan tahun 2018.


Dalam perhitungan rasio profitabilitas di kuartal III 2020, marjin laba bersih/ net profit margin (NPM) EKAD berada di angka 14,76%, marjin laba kotor/ gross profit margin (GPM) di 32,52%, rasio pengembalian aset (ROA) di 7,21%, dan rasio pengembalian ekuitas (ROE) di 8,16%.


Seperti apa perbandingannya dengan emiten di sub sektor bahan kimia yang memiliki kapitalisasi besar?


BRPT memiliki NPM 0,68%, GPM 22%, ROE 1,16% dan ROA 0,21%. Sementara itu TPIA memiliki NPM -1,56%, GPM 3,72%, ROE -1,52%, ROA -0,81%, AGII memiliki NPM 1,87%, GPM 42,72%, ROE 1,21%, dan ROA 0,55%. Sedangkan MOLI yang merupakan produsen etanol memiliki NPM sebesar 5,42%, GPM 27,40%, ROE 7,04%, dan ROA 3,61%.



Bisa dikatakan bahwa profitabilitas EKAD memang cukup baik dibanding emiten yang ada dalam sub sektor sama.


Kinerja EKAD selalu ungguli IHSG maupun Indeks Industri Dasar dan Kimia


Bisa dikatakan bahwa mereka yang membeli saham EKAD pada Januari 2011 dan menyimpannya hingga Januari 2021 berpotensi meraup keuntungan 500%. Di tahun 2011, harga saham perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 862 miliar ini masih berada di kisaran Rp 204 per lembar, namun per tanggal 25 Januari 2021, harganya sudah mencapai Rp 1.235 per lembar.


Sejak dulu, performa EKAD juga selalu mengungguli IHSG dan Indeks Industri Dasar dan Kimia.  


Perbandingan PER dan PBV EKAD dengan saham di Sub Sektor Bahan Kimia


Dengan harga Rp 1.235 per lembar, apakah EKAD dinyatakan mahal dari segi price earning ratio (PER) maupun price to book value (PBV)? Mari kita cermati nilai PER dan PBV saham-saham di sub sektor bahan kimia pada 25 Januari 2021 menurut data RTI.


Mengutip pernyataan CFO Heineken Laurence Debroux soal kas yang menjadi bagian dari aset lancar. "Penjualan adalah sebuah kesombongan, hasil adalah sesuatu yang waras, dan kas adalah raja. Memusatkan seluruh perhatian kita hanya ke pertumbuhan penjualan adalah hal yang berbahaya, begitu pula dengan laba bersih. Kas adalah yang terpenting, kapasitas Anda dalam menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan, membayar utang, atau mendistribusikan laba ke pemegang saham adalah kuncinya,”


Bisa disimpulkan bahwa, dalam ketersediaan kas (aset lancar) juga tak kalah penting bagi kelangsungan bisnis emiten. Sebagai investor, kita pun tidak bisa memusatkan perhatian kita hanya pada pertumbuhan penjualan atau sebatas laba bersih saja.


(***) 


 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar